loading...

Tips Aman saat Belanja Online

Belanja Online sangat bisa menjadi pilihan anda untuk membeli barang tanpa keluar rumah, namun kekurang hati-hatian saat anda berbelanja dapat menjadikan anda korban penipuan.

Lalu bagaimana agar anda puas dan merasa aman saat berbelanja online? beberapa tips aman belanja online berikut bisa anda pertimbangkan.

Tips belanja online

  • Perhatikan reputasi situs
Jangan mudah percaya dengan promosi web online shop. Anda bisa mencari informasi mengenai situs tersebut di google, biasanya ada testimoni dari orang-orang yang pernah tertipu jika situs online shop tersebut adalah penipu.
Tanya teman, rekan, maupun sahabat, cari rekomendasi dari orang-orang yang lebih berpengalaman mengenai online shop yang dapat dipercaya.
Beberapa situs online shop besar yang sudah mempunyai nama akan lebih baik dijadikan pilihan daripada mencoba-coba.

  • Contact yang jelas
Cari tahu alamat dan contact si penjual, hubungi dan tanyakan detail barang yang dijual.
Penjual yang baik biasanya selalu ramah dan terbuka terhadap pertanyaan dari pembeli.

  • Jangan tergiur oleh harga
Anda sepatutnya curiga jika mendapati barang branded yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran, ingat bahwa belum tentu barang yang terpampang di foto sesuai dengan apa yang anda dapat.
Pertimbangkan juga ongkos kirim barang tersebut, dan bandingkan juga harga dari situs online shop tersebut dengan situs lainnya.

  • Pelayanan penjual
Baca baik-baik kebijakan dari penjual tersebut, adakah respon untuk keluhan pembeli? layanan garansi dan servis? jangan takut untuk bertanya mengenai hal-hal tersebut, karena itu adalah hak anda untuk lebih yakin sebelum memutuskan berbelanja.

  • Mencoba-coba
Jika anda tertarik dengan barang-barang yang dijual di sebuah online shop namun kurang yakin akan keamanannya, cobalah membeli barang kecil-kecilan (murah) terlebih dahulu. Pengalaman pertama akan memberikan penilaian selanjutnya bagi situs online shop tersebut.

Saat ini sudah banyak online shop ternama dan terpercaya yang mudah anda temui, namun dengan tetap hati-hati akan membuat belanja online yang anda lakukan lebih terasa aman dan nyaman, selamat berbelanja.